Nginstall Dual Boot Windows-Linux

Akhirnya, posting juga di topik Linux Newbie.. Awalnya sih posting pertama mo dimulai dengan langkah2 nginstall Linux buat newbies. Tapi yang sempet ditulis malah yang ini dulu, gapapa lah..

Klo ada yang udah baca postinganku “Hapus Windows Anda Sekarang Juga…“, kesannya ekstrim banget yah pandanganku terhadap produk-produk Microsoft. Trus kenapa sekarang malah posting nginstall dual-boot?? Ya, kebanyakan orang yang aku temuin masih tergantung banget ma program-program yang jalan di Windows. Bahkan si Wildan mengakui, di Macbook-nya keinstall Office 2007 pake VM-Ware, ck ck bela-belain banget. Padahal Open Office ga kalah bagusnya, cuman doi bilang ga kebiasa make OOffice aja.

Ya sudah, buat kalian yang tertarik nyoba Linux tapi ga mo kehilangan Windows, bisa dicoba nginstall dual-boot. Aku nyontohinnya pake Ubuntu, tapi should be fine pake distro lain semisal Fedora cs, Knoppix cs, Mandriva, dll. Diasumsikan, Windows n’ Linux diinstall di harddisk yang sama sehingga MBR (Master Boot Record)-nya cuman satu.

Ada 3 skenarion dalam instalasi dual-boot :

1. Windows diinstall duluan, lalu Linux diinstall belakangan

Ini cara yang paling gampang, karena secara otomatis boot-loader Linux akan mendeteksi ada Windows, dan memberikan menu untuk masuk ke dalamnya. Klo pake Ubuntu, boot-loadernya adalah Grub. Setelah berhasil menginstall Windows dan Ubuntu, maka Grub akan tampil saat kita booting, dan memberikan pilihan mau booting ke Ubuntu apa Windows. Simpel, ga butuh setting macem-macem

2. Linux diinstall duluan, baru Windows belakangan

Klo kayak gini mending format aja Windows-nya, pake Linux doang hehe (becanda jep!). Masalah utama pada skenario ini adalah : Windows mengoverwrite MBR dengan boot-loadernya ndiri (sehingga Grub-nya Linux mati), tapi Windows ga mau ngedeteksi adanya Linux (sehingga ga ada pilihan buat booting ke Linux). Jadi walopun udah nginstall Ubuntu n’ Windows, tapi karena menu untuk masuk Ubuntu ga ada, jadilah kita cuma bisa booting ke Windows. Tuh, bayangin, kurang baek apa coba Linux mau ngedeteksi Windows, tapi balasannya kok gini (air susu dibales air hina — apacoba).

Tenang Jep! Solusinya, kita bakal overwrite lagi MBR dengan Grub. Caranya :

  1. Booting menggunakan Rescue Disk / Live CD Linux. Coba cek keterangan di distro masing-masing. Klo Ubuntu pake aja Live CD-nya
  2. Klo udah masuk, jalanin perintah di bawah ini dengan privileges “root” (tambahkan “sudo” di depan tiap perintah, buat Ubuntu)
    • sudo grub //setelah itu akan masuk ke program grub dengan tanda “grub>” di terminal
      • root (hd0,0) // ganti “(hd0,0)” sesuai dengan setting harddisk-mu, yakni root-nya instalasi Linux. “(hd0,0)” menunjukkan instalasi Linux ada di harddisk pertama, partisi pertama.
      • install (hd0) // ini berarti menginstall Grub ke MBR harddisk pertama, menggantikan MBR Windows yang rese’
      • quit // keluar dari program Grub
    • sudo vim /boot/grub/menu.lst // edit file menu.lst dengan editor sembarang
      • cari baris pendefinisian Operating System, biasanya di paling bawah file
      • tambahin baris sebagai berikut untuk ngedefinisiin Windows :
        • title Mikocop Windossss
        • rootnoverify (hd0,2) // ganti dengan partisi Windows diinstall, contoh ini berarti di partisi ketiga
        • makeactive
        • chainloader +1
      • save aja file-nya
  3. restart komputer, terus pastikan Grub sudah bisa booting ke Linux n’ Mikocop Windosss 🙂

3. Entah mana yang diinstall duluan, pokoknya jadi ga bisa booting!

Kasus ini terjadi misalnya pas nge-repair Windows, ato ngutak-atik partisi harddisk, ato nambah harddisk baru, dll. Solusinya, mirip seperti yang skenario ke-2 tadi. Masuk ke Rescue Disk / Live CD, trus pastiin Grub keinstall di MBR, trus pastiin settingan kayak (hd0,0), (hd0,2)-nya sesuai sama keadaan harddisk sekarang. Jadi, pastiin dulu skema partisi harddiskmu, misalkan pake program gparted (buat Ubuntu). Terus, jangan lupa juga buat ngecek file “/etc/fstab” di Linux, dan pasttin settingannya bener, sesuai partisi-partisi yang ada. Klo bingung ente posting pertanyaan kesini aja lah..

Semoga membantu para Linux Newbie seperti daku.. 😀

20 Responses to Nginstall Dual Boot Windows-Linux

  1. cecepswp says:

    Kalo saya yang berhasil malah dual boot linux+linux, kalo win+linux seringnya sistem windows jadi rusak bahkan partisinya berantakan 😀

  2. aisar says:

    untungnya laptopku udah bersih dari Windows.. 😀

  3. yumcatz says:

    sar, ntar bisa bantuin install dual boot leopard+ubuntu gak :D?

  4. aisar says:

    oh ga masalah.. boot loader-nya MacOS friendly kok sama Linux..

    Cuma MacOS defaultnya ga bisa baca file2nya Linux (ext2/ext3).. tapi katanya ada program open source yang bisa ngatasin itu..

  5. Kenthang says:

    Boz, aq dah berhasil nginstall ubuntu setelah windows. Urutan partisinya C:XP (12GB) D: win98 (10GB) lalu Ubuntu(Mount/Swap/EXT3 dll)

    Nah, saat masuk ke XP aq buat partisi xp lewat partition magic jadi 10 GB eh, saat restart hanya bisa masuk GRUB ubuntu. Aq edit (hd0,0) s/d hd(0,20), tetep kaga bisa masuk windows…
    tolongin donk…..

  6. aisar says:

    @ Kenthang -> Jangan2 boot sector windows-nya (partisi C) kehapus.. Bikin baru aja bootsectornya :

    – booting dari CD Windows, trus pilih recovery console (mencet “R” di menu utama itu).
    – nah tapi aq lupa perintah untuk bikin bootsector baru, coba aja ketik help. Intinya sih ntar nulis boot sector di C, tapi jangan nulis ke MBR (jangan pake perintah FIXMBR). Ntar GRUB-nya ketimpa..

    coba dulu yah..

  7. vanleste says:

    Klo install linux di laptop gmn? soalnya aku nyoba pake red hat 9 and mandrake 10 ga bisa. Error keduanya sama yaitu error detect hardisk. ” No device storage were found”
    Asumsi aku seh karena harddisk nya terhubung dengan s-ata.
    Apa ada hubungannya?

    Aku juga dah coba install pake feodora, tp yg ini kayaknya cd installer ak yg error. klo pake live cd u-buntu seh bisa aja.
    tp ak ga tau dev hardisknya di hda ato yg mana…

    Btw berikut konfigurasi laptop ak:
    Intel Pentium M (centrino) 1.6 GHz
    Memory : 1014 Mb
    Display: Mobile Intel 915/GMS, 910GML Express

    Partisi hardisk:
    C: Win/NTFS * Primary
    D: Data/NTFS *Logical
    E: 18GB Free (Raw)* logical
    F: 7 Mb (MBR) * logical

    aku dah coba partisi 18 gb free menjaid ext2 dan linux swap dengan partition magic 8.0

    Tapi tetap ngga bisa…..
    Please Help me…
    Thnx before

  8. aisar says:

    Harddisk ga kedetect, biasanya gara2 driver untuk SATA dari chipset situ belum disupport sm Kernel Linux-nya / belum ada di database driver distro tsb. Coba aja versi distro yang lebih baru.

    Saya saranin pake Ubuntu aja. Jadi abis booting pake live-CD, coba buka System > Admiistration > Partition Editor. Klo harddisk mas cuman 1, harusnya kedetect sebagai HDA. Tinggal cari, partisi yang 18GB itu HDA berapa. Dugaan saya sih HDA6, karena biasanya partisi logical mulai dari HDA5. Tinggal ntar pas ngisnstall Ubuntu, mas pilih biar diinstall ke partisi 18GB tersebut.

    Klo ga mau repot, pas instalasi ubuntu, pilih aja “use free space” ntar biar ubuntu-nya yang ngatur susunan partisi 🙂

  9. primaga says:

    salam Kenal. oh yah mas aku nih Baru Tadi Malem Pinjam CD istal linux . klo make pclinuxos gimana Yach Cara Instalnya ?
    Apa Sama Seperti Prosedur Di Atas ?

    Soalnya Aku Pakai 1 HD. aku Pakai 80 GB sata.
    Os Yg Dah Ku Pakai Wind. Maksutku Pengennya Mau Tak Kasih Partisi lagi Sebesar 20 GB tuk Linux.

    mohon Petunjuknya Yah mas. Terimakasih.
    Jaya Selalu Linux.

  10. dar says:

    salam kenal..aku mau tanya, abis pastisi hardisk kompi ku langsung ngga bisa loading ubuntu ato windows, “error 17” katanya.
    Trus aku repair pake CD Windows pake perintah “FIXMBR”, eh sekarang malah grub-nya ngga muncul, jadi ngga bisa milih Ubuntu, tapi malah langsung masuk ke Windows.
    Gimana ya caranya supaya Grub-nya muncul lagi??
    kalo ada solusi tolong kirim emailku ya..makasih

  11. riezal says:

    emmmmm!!!
    hidup linux mania !!!!

  12. satriopiningit says:

    sekitar sebulan stlh sy install dual boot,, eh windowsnya sering error… tp herannya ubuntunya justru lebih stabil tu…

    napa y mas kok gt?
    trus gmn ni solusinya,, bantuin dong…

    yg ada di pikiran sy sekarang ini mo hapus windowsnya aja skalian… & berharap segera nemu cara spy fm2008 bisa dimainin dg lancar di ubuntu… soalnya sampe sekarang lemot banget jalannya… hiks..

  13. rizki says:

    saya mau install dual os dengan 2 hd. jadi ubntu di master dan win di slave, ato sbliknya. apakah bsa? klo bsa bgaimana cranya?

  14. sam says:

    mas aq mau tanya nih

    aq kan udah nginstall linux ma windows
    dalam 1 kompi tapi windowsq kena virus jadi aq install lagi

    tapi boot loaderx gak keluar gmn yaaa? agar boot loader linuxq keluar

    tolong yaaa bales ke e-mailq

    makasih banyak yaaaaaaa

  15. aisar says:

    @ primaga : iya bisa dicoba pakai cara yang di atas

    @ dar : bisa coba solusi nomer 2 di artikel di atas

    @ satriopiningit : wah klo windows jadi ga stabil kurang paham deh awa. tapi klo mainin fm2008 pake wine, ya memang ga lancar-lancar amat, wajar lah 🙂

    @ rizki ; bisa banget. instal windows dulu, baru ubuntu. ntar pas nginstal ubuntu ada pilihannya make yang hardisk kedua

    @ sam : bisa coba solusi nomer 2

  16. Think_Thonk says:

    Pemisi …..
    Boleh ikutan nimrung yaaa,
    Aku seneng banget ahirnya bisa menemukan forum para newbie linux (maklum kadangan klo masuk forum advance suka ga ngerti bahasanya….kekekeke)

    Gini Boz aku baru kenal linux beberapa hari yg lalu, n tertasrik untuk nyoba pake sendiri.Tadinya aku mau coba Ubuntu (soalnya kata banyak orang lebih Rame n banyak yang bisa diajak share ttg Ubuntu) Ternyata Laptop ku ga bisa ngangkat dan selalu hang waktu booting ke livecd Ubuntu. Ahirnya aku coba cari yg lain ternyata ada yg namanya Xubuntu, dan katanya, Doi(Xubuntu)bisa di instal walaupun dengan hardware yg pas pasan (ky laptopku). dan ternyata berhasil. Tapi keadaannya menyedihkan jadi lelet banget (maklum laptop manula) aku boleh tanya yaa:

    * ada solusi ga supaya Xubuntu bisa lebih ringan di gunakan? seperti di MicR$f kita bisa set S.Restore jdi OFF, Service yg ga perlu bisa dimatikan, trus bisa di cleanup,defrag, registri di atur dsb dsb. dan hal2 diatas ternyata sangat membantu untuk sedikit melegakan Kompi unttuk bernafas. Kalo di Linux khususnya Xubuntu bisa ga ya?? Sebenernya kalo lelet ya resiko karna hardware minim tapi mungkin saja ada solusi lain gitu…?atau jenis linux yg lain yg lebih ringan….?

    ** sekarang aku pake Dual OS XP n Xubuntu
    Seumpama aku mau Delete partisi yg di Xubuntu supaya bisa kebaca lagi sama XP gmn caranya ya?

    Spesiffks laptop uzur ku:
    * Intel Celeron 1.5GHz
    * 256 DDR Ram
    * Display Intel upto 64Mb Share
    * 40 GB Hardisk (10 GBlinux @ 8GB Root 2GB Swap)

    Matur sembah nuwun ya
    Mohon dengan sangat di balas jikalau teman2 punya solusi

  17. aisar says:

    hmm.. dengan spek segitu harusnya xubuntu bisa jalan agak lumayan 🙂
    klo lelet banget, mungkin partisi swap-nya kurang besar (atau malah ga ada!)
    dengan memori 256, usahakan ada swap sebesar 512 mb. untuk mengubah-ubah swap itu, coba instal program “gparted”, itu semacam partition editornya linux

    klo mo coba distribusi linux yg lebih ringan, bisa coba :
    http://en.wikipedia.org/wiki/Vector_Linux

  18. Think_Thonk says:

    kalo swap aku udah pake 2GB

    40 GB Hardisk (10 GBlinux @ 8GB Root 2GB Swap)

    mang swap 2GB kurang ya

    TRIMS

  19. Pingback: Dual Boot Windows-Linux dan Linux-linux | ISLAM IS MY LIVE

  20. You produced some decent points there. I looked online for that problem and located most people goes coupled with with all your website.

Leave a comment