Jadi Bule Seminggu (Toshiba Global Recruitment)

japanBerawal dari iseng-iseng kirim CV ke rekrutmen Toshiba..
walopun belum pegang ijazah,
IP-pun pas-pas-an mendekati syarat minimum 3.00,
tapi kirim aja, toh cuman lewat emel gini, ga pake modal

Eh dipanggil ikutan psikotesnya..
ternyata banyak juga anak-anak seangkatan ’05 yang ikutan,
kebanyakan dari EL, IF, MS, TI,
sekitar 100-an anak ITB turut serta,
plus sekian anak UI dan UGM,
sampai sini masih coba-coba bin iseng-iseng

Pengumuman psikotes…
eh lolos daku ternyata,
anak ITB tinggal 50 ekor,
wah harapan kerja di Jepang mulai terbersit

Lanjut ke seleksi wawancara psikolog,
standarnya ada grup diskusi dulu,
trus baru ngobrol 4 mata dengan psikolog,
macem-macem deh cerita dari anak-anak lain,
ada yang ngerasa dicecer n’ diserang dengan pertanyaan-pertanyaan nusuk,
ada yang hepi-hepi aja, becanda-becanda sama psikolognya,
daku sih menjalaninya tanpa beban aja,
ga ada kata “harus bersikap begini, harus begitu, harus bisa lolos, dll”

seminggu kemudian pengumuman keluar..
eh, nama daku ada di daftar yang lolos ke uji selanjutnya,
anak ITB tinggal 20-an, total sama UI dan UGM ada 50 ekor,
wah tiba-tiba keinginan daku untuk bisa “merantau” kerja di Jepang semakin menguat,
walaupun begitu daku jadi semakin was-was,
takut kecewa berlebihan kalo tidak tercapai

Uji selanjutnya adalah wawancara teknis,
pewawancara-nya langsung import dari Jepang,
ada enam orang kalau tidak salah,
persiapan daku mulai serius nih,
apalagi katanya orang-orang Jepang itu bakal banyak menyinggung masalah TA,
walopun bab 1 aja blom jadi, seminar TA I masih lama, daku tetep semangat,
apalagi doi bilang, “feeling-ku sih kamu bakal beneran kerja di Jepang”,
klo kata ortu, “ikhtiar n berdoa. klo belum keterima, mungkin Allah udah nyiapin jalan yang lebih baik”,
aku ga akan melupakan dukungan-dukungan itu, begitu berharga buatku

Sampai pada saatnya wawancara…
waduh, orang Jepang memang ga lancar ngomong inggris,
daku juga sempat bingung dengan maksud pertanyaan-pertanyaan mereka,
yah daku maklum, sama-sama wong Asia lah,
akhirnya wawancara asal-sama-sama-ngerti aja,
daku agak tegang, sekarang udah ga bisa nyembunyiin lagi keinginan-keinginan itu, yang akhirnya jadi beban
walaupun begitu, daku tetep berusaha maksimal, hasilnya mah tinggal diserahkan pada Yang Maha Memutuskan

2 minggu setelahnya, muncullah pengumuman yang dinanti-nanti,
10 orang dari Indonesia lolos,
dan siap diberangkatkan ke Jepang untuk Final Confirmation,
4 orang ITB,
2 orang UI,
4 orang UGM,
total 7 cowo, 3 cewe
dan daku salah satunya…

Alhamdulillah,
tinggal selangkah lagi..

Hari ini, jam 8 malem nanti daku bertolak ke Jepang,
off dari kampus selama seminggu,
dengan meninggalkan amanah-amanah :
kuliah, TPTP, tenis, persidangan (kemarin di Bandung daku kena tilang -_-),
dan juga meninggalkan sedikit luka (caile, salah ndiri bikin kasus di saat terakhir)

HP ga bisa dipake, akses internet belum tau bakal gampang / engga,
yah kemungkinan terburuk daku bakal bener-bener off secara fisik dan nonfisik, secara nyata dan maya dari kalian-kalian,
oleh-oleh pasti daku bawa lah, tinggal kalian yang proaktif minta,
klo ga kebagian ya berarti kurang sigap kalian minta-nya🙂

terima kasih buat semua dukungannya,
kelak kalau daku beneran kerja disana,
hati daku tetap Indonesia, jiwa raga daku tetap akan terabdikan untuk Ibu Pertiwi,
yok kita jadi bangsa yang lebih kuat dari Yahudi,
tersebar di seantero dunia dan punya daya cengkram pengaruh kemana-mana,
demi Tuhan, Bangsa, dan Almamater
Muueerrdeekkaaaa! Allahu Akbar!

16 Responses to Jadi Bule Seminggu (Toshiba Global Recruitment)

  1. Albaz says:

    congrats, sar. jgn lupa janjimu sm bph y. maem2.

    ati2 kepincut orang sono. inget yg produksi dalem negri. he2.

  2. Angga says:

    Kalo bawa oleh2 jangan yang aneh2 yak, macem m****i… :p

    Bawa aja macem Erika Sawajiri,, Ishihara Satomi, Masami Nagasawa, Horikita Maki, dan sejenisnya, hahaha… :))

    Gutlak bro…!! Doain awa juga yang masih ingin berjuang di negeri sendiri (sok nasionalis)…😀

  3. FajarF says:

    nitip lah gw
    dvd yang asik2
    lu tau sendiri kan😆

  4. Ki o tsukete🙂 Hehe…

    *ko bahasanya jadi aneh gini,pake “daku” n “doi”-_______-*

  5. blogsabrina says:

    tuh kan kaka.

    *apa coba??

    so hepi to hear that,,

  6. blogsabrina says:

    tuh kan kaka.

    *apa coba??

    so hepi to hear that,,
    jaga diri ya kak.
    maksimalin!!

  7. Yasrid says:

    Hati2 Romusha =))

  8. reiSHA says:

    Oleh2 ya… Produk Toshiba aja oleh2nya, one for each items, hehe… Salam ya buat Bima…

  9. sar aku sar aku, jangan lupa oleh2nya, inget sar pokoknya, ya..ya… satffmu nih, tenang mjdk kupegang dulu lah, ok-ok sar. oleh2nya bunga sakura aja sar sama bola basket. no offense….

  10. AllahuAkbar!!!!

    jangan lupa oleh-oleh dorayaki. sekalian doraemon & nobita nya

  11. Mas Hafni says:

    Bawain aku oleh-oleh foto warteg di sana ya.

  12. aisar says:

    @ albaz : oo, produk dalem negeri pastilah nomer 1 baz! nomer 2,3,4-nya ,mungkin……..

    @ angga : apa itu mi*a*i???

    @ fajar : koleksimu lebih lengkap keknya daripada toko2 di sana jar..

    @ egadioniputri : otanjoubi omedetto🙂

    @ sabrina : hoho, iya mesti jaga diri, jaga pandangan, jaga hati

    @ yasrid : asal gajinya cucok

    @ reisha : ow, baru nyadar 4 dari 7 org yg bareng aq kesana adlh urang awak

    @ oding : gimana kabar klien2 kita ding. aq dapet klien jg kemaren disana

    @ dhimas : wah yang kebawa malah si giant, gpp?

    @ hafni : peluang bisnis tuh, buka aja disana

  13. sar, mana? jarang ke salman ya?

  14. restya says:

    hore… dapet oleh2..
    ga usah balik k Indo juga gapapa
    yang penting dapet oleh2

    restya wa kireina des (he2, ngaco ejaannya)

  15. auliafeizal says:

    makan2 kk
    kayaknya bakal jadi orang jepang ni… hhaa

  16. Agung P. (SF-TE UGM) says:

    Sar, masih inget aku kan…anak Karanganyar, Jateng. SF scholars juga.
    Selamat ya udah keterima di toshiba…semoga di Jepang nanti bisa meraup banyak ilmu buat membangun bangsa. Amin.
    Do’akan aku ya biar bisa nyusul ke sana,, sekarang masih proses nih, aku ikut TGR tahun ini, nunggu pengumuman wawancara user…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: