Tobat Jadi Pembalap

Dengan bangga aku menuliskan resolusi diri..
Menyambut 100 tahun kebangkitan nasional (halah nyambung)

Klo dulu aku suka ngebut, naik motor kayak ikutan road race, naik mobil kayak main Need For Speed,
tapi sekarang..
aku lebih suka menikmati perjalanan🙂

Berkendara dengan kecepatan relatif konstan, di putaran mesin rendah, ga nafsu nyalip kendaraan lain di depan, sambil tolah-toleh kiri kanan kali aja ada yang bagus (mobil bagus, rumah bagus, apa lagi yang bagus2?😀 )

Alasannya cuma satu : Anak Istri menunggu di rumah (hahaha, kayak iklan DLLAJ aja)
Yang bener : aku menghemat BBM!

Udah dicoba pake Shogun :
cara mengemudi dahulu : 30 km / liter
cara mengemudi sekarang : 40-45 km / liter

Udah dicoba pake Vios :
cara mengemudi dahulu : 13 km / liter
cara mengemudi seakrang : 17-19 km / liter

BBM mo naik lagi, udah gitu isu Global Warming
Saatnya kita peduli, dari kebiasaan-kebiasaan yang kecil aja

Wahai kalian-kalian yang suka ngebut, bertobatlah!

  • Membahayakan diri ndiri dan orang lain
  • Kerja mesin lebih berat, lebih cepet jebol
  • Boros BBM
  • Disumpahin orang lain pas nyelonong tiba2
  • Sering ngerem, kampas rem cepet abis
  • Duit maintenance kendaraan lebih tinggi pastinya
  • Ga menikmati pemandangan di perjalanan

masih banyak lagi deh..

16 Responses to Tobat Jadi Pembalap

  1. yumcatz says:

    Bagus, Sar. Biar lambat asal selamat🙂
    Lebih bagus kalo naek sepeda😛

  2. Dhimas says:

    Sulit bagiku Sar… Karena sudah jadi sugestiku kalau ngebut badan menjadi sehat.. Kalau flu buat berjalanan jauh & ngebut badan menjadi sehat.. Seperti Sophan Sopian dengan HDnya.. Dia bilang HD adalah Healing Devices.. Tapi ya memang ter-heal selama-lamanya dink..

  3. Ahmad Ridwan says:

    Setuju ama Andre, naek sepeda aja… sekenceng-kencengnya jadi pembalap sepeda, gak akan pernah borosin bensin. (cuma boros keringat) bau…😛

  4. Albaz says:

    Walah sar. aku malah pernah kecelakaan gara2 terlalu menikmati perjalanan. Jalannya lambat, angin sepoi2, malah ngantuk. tau2 uda nabrak trotoar aja. he2.

    tapi sepakat lah, kalo kata orang jawa ‘alon alon asal klakson’. he2.

  5. journalight says:

    wah, motor saya juga shogun😀
    salam kenal…

    http://journalight.wordpress.com

  6. ikhfa says:

    kalo ke kampus mah jalan kaki aja sar..😛

  7. hamka says:

    wah sama-sama shogun juga nih…
    aku sih pengennya menikmatin perjalanan, tapi jarak kos n kampus yang agak jauh dan treknya yang menantang membuat shogunku ini ga mau kompromi…

    kita bikin geng motor yuk sar…😀

  8. ami says:

    tapi pelan2 juga menghambat orang lain sar,,
    hehehe

  9. Aditya says:

    sebaik2 urusan itu yang pertengahan, biar lambat asal ga ngeselin yang di belakang, biar ngebut asal ga ngebahayain…
    [aliran moderat]

  10. Angga says:

    Tobat jadi pembalap apa motornya yang sekarang gampang ngos2an dan sering ke bengkel…??😀
    Jangan2 jadi ga bisa ngebut karena motornya dituntun kehabisan bensin di jalan (tengah malam pula)… hahahaha… ^_^

  11. aisar says:

    @ yumcatz + madrid -> hmm.. klo cuma pergi kampus-kosan si gpp naik speda. abis seringnya keluyuran dolo habis dari kampus kemana2..😀

    @ dhimas -> bukannya malah masuk angin ya :p

    @ albaz -> itu sih matanya meleng.. liat batman ya baz🙂

    @ journalight -> shogun-erz? bagus2..

    @ ikhfa -> ga bisa keluyuran san..

    @ hamka -> geng motor ARC aja.. sponsornya : Indomie sunken wakaka

    @ ami -> klo pelannya keterlaluan mah..

    @ adit -> tengah-tengah itu cenderung abu-abu, syubhat namanya dit.. :p

    @ angga -> daripada motor kow gemeteran diajak ngelewatin sawah2 dari lembang :lol

  12. mending naik angkot sar …
    1. Kita jadi mengurangi polusi dari kendaraan pribadi
    2. Membantu sopir angkot mengurangi kerugian mereka karena naiknya BBM
    Tapi aq tetep naik motor … hehehe …

  13. arie says:

    kalo udah naek motor, gak tahan godaan buat ngebut.. :p

    jadi pengen beli sepeda aja nih.. tapi, cuma pengen.. ^_^

  14. Maz Didit says:

    Economic driving bisa dicapai dengan:
    1. membuka gas secara perlahan
    2. menaikkan gir saat tercapai torsi maksimum, misalnya motor saya torsi maksimum tercapai pada 5500 rpm, maka menaikan gir adalah pada nilai rpm tersebut, motor tanpa tachometer biasanya dilengkapi penunjuk economic driver di speedometer.
    3. kondisikan tekanan udara ban yang pas
    4. perawatan motor secara berkala (karbu, oli, busi, rantai dll), setting karbu sangat berpengeruh terhadap keiritan BBM.
    5. gunakan BBM dengan nilai oktan yang sesuai
    6. saat idle, tidak menaikan grip gas, buat apa tokh ngga jalan ini
    7. atur rute perjalanan secara baik, cari yang paling efektif, hindari kemacetan dsb.
    8. isi bensin saat cuaca dingin (malam/pagi), supaya bensin tidak terlalu banyak menguap saat pengisian
    9. hindari modifikasi yang menyebabkan pemborosan (mis: ban tapak lebar, windshield dsb)

    Alhamdulillah konsumsi motor saya (Kawasaki ZX130 yg bermesin 130cc) cukup hemat, dalam kota di kisaran 1:55; luar kota di kisaran 1:60 (rekor 1:70). Jakarta-Bandung via puncak bisa ditempuh tanpa berhenti di SPBU (full tank 3,7 liter).

  15. cimenk says:

    bener tuh kalo dulu gw naek RX-Z 60rb. lari 40-60km cuma 5 hari rumah-kantor 52km PP, sekarang naek new vega R speed sama… 15rb buat 6 hari plus gw pake booster pengapian jadi, nikmat sekali rasanya naek motor tapi bisa juga untuk ngebut, jadi gw bisa nabung buat beli motor lagi buat bini,

  16. Thanks a lot for giving everyone an extraordinarily memorable chance to read critical reviews from this site. It is often very nice and also packed with a lot of fun for me personally and my office peers to visit your blog at least three times in one week to see the new stuff you will have. And indeed, I’m also usually happy considering the special creative concepts you give. Certain two points in this posting are easily the finest we have all ever had.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: