Anak SD Jaman Sekarang..

“saya tau kak, kodenya”
“kode apa?”
“itu, yang banyak hantunya, kak. http://www.primbon.com”

aku membuka firefox, dan membiarkan si adik menuliskan alamat web tersebut. Mata anak kelas 4 SD itu mulai membelalak saat halaman web terbuka. 3 teman sebayanya turut serta “tenggelam” dalam gambar-gambar mistis, entah nyata entah rekayasa, yang disajikan oleh situs http://www.primbon.com.

“Eta pocongna nu di handap!” (Itu pocongnya di bawah)
“Emang pocongnya beneran ya?”, tanyaku
“Beneran kak, itu liat aja”
“Ah, kakak juga bisa bikin hantu kayak gitu”
“Bisa emang kak?”
“Bisa dong. Tinggal ditambahin aja bayangan putih-putih ke foto pake komputer. Makanya, jangan langsung percaya sama gambar hantu di internet ya”

Dialog itu terjadi hari minggu kemarin, saat sesi mentoring pembinaan adik asuh Gamais. Awalnya, aku pikir adik-adik kelas 4 SD tersebut belum terlalu familiar dengan laptop dan internet. Maklum, adik-adik asuh Gamais rata-rata merupakan anak yang kurang mampu secara finansial dan bersekolah di tempat yang tidak terlalu “melek teknologi”. Ternyata, dugaanku salah. Mereka tidak asing lagi dengan google, primbon.com, situs-situs mistis, situs-situs cheat game, bahkan situs-situs 17+.

Mereka mengakui mengenal internet dari warnet yang ada di dekat sekolah. Wah, luar biasa. Seingetku, pertama kalinya aku bersentuhan dengan dunia online adalah semasa SMP. Itupun saat warnet masih memasang tarif di atas 7000 / jamnya🙂

Bagiku, ini bisa jadi pertanda baik, tapi bisa juga pertanda buruk apabila keingintahuan dan rasa penasaran mereka tidak dibatasi dengan pendidikan internet yang memadai. Aku kaget saat memperhatikan 4 anak tersebut berselancar di dunia maya, ada salah satu anak yang nyeletuk sebuah alamat situs, dan ternyata anak-anak lainnya memberi respons seolah paham bahwa itu adalah situs dewasa. Naudzubillah..

Apakah pemblokiran situs-situs porno bisa menjadi solusinya? Apa sudah ada program edukasi “internet sehat” ke sekolah-sekolah dasar dan menengah? Aku rasa kita semua patut peduli terhadap masalah ini.

12 Responses to Anak SD Jaman Sekarang..

  1. restya says:

    wahaha… emang parah anak jaman sekarang
    di TPA Cisitu juga, disuruh sholawatan malah pengen nyanyi “Makhluk Tuhan Paling Se*si”

    klo menurutku, itu masalah media yang semakin nggak terkontrol… pagi, siang, malam, sore anak2 didakwahi begituan

    ho3…sebenernya tanggung jawab orang tua dalam mengondisikan anak-anaknya, tapi nggak menutup kemungkinan kalau anak-anak malah mendapat pengaruh dari teman2 bermainnya… ho3

  2. ridwansyahyusufachmad says:

    makanya sar, kita kalau nikah sama akhwat yang baik baik…

    jadi kan bisa membina anak dnegan baik dimasa yang akan datang…hehehe

  3. Hafni Sulun says:

    Bikin anak yang banyak biar populasi orang sholeh jadi banyak. Istri yang banyak juga biar tambah banyak lagi.

  4. aisar says:

    @ restya -> iya, tugas ortu semakin berat.. ibu, terutama.. hayo, sebagai calon ibu..🙂

    @ ucup ->
    “makanya sar, kita kalau nikah sama akhwat yang baik baik…”

    sama akhwat yang baik-baik, atau akhwat-akhwat yang baik :))

    @ hafni -> wah, klo banyak2 ngurusnya juga susah Haf.. apalagi klo ibunya pengen jadi “wanita karir”..

  5. albaz says:

    kayanya ntu anak gedenya jadinya kaya aisar deh… hehe

  6. scooterboyz says:

    “Ah, kakak juga bisa bikin hantu kayak gitu”
    “Bisa emang kak?

    Astopirulo,anak kecil diboongin..:D

  7. restya says:

    @K Aisar & K Yusuf : meski akhwatny baik2 klo nikahnya ama tipe2 Aisar, kykny percuma…
    Kan sumbangan kromosomnya sama (sok ilmiah)

  8. Ade says:

    Ati-ati kena pasal pedopil Sar..

  9. senimanpeta says:

    mendidik anak baik2 agar bisa sholeh & sholeha, penting..

  10. sayaguru says:

    Assalamu’alaikum. Foto anda bersama anak-anak tampak akrab. saya minta ijin menggunakan foto anda untuk membuat proposal pendirian SMP Islam di Mojokerto Boleh tidak? Terima kasih.
    wirawan

  11. hanif says:

    anak jaman sskrg emnk susah dtbak.tpi ada bgus nya jga sieh jdi ank2 lbh tau IPTEK sejak dini

  12. Could you message me with any hints about how you made your site look this awesome, I would be thankful.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: