Idul Adha

Idul Adha memang ga serame Idul Fitri. Ga banyak orang ngirim SMS “Met Idul Adha” ketimbang “Met Idul Fitri”. Bahkan lucunya ada seorang kawan yang mengirim SMS ucapan : “Met Idul Adha ya. Mohon maaf lahir batin (???)”. Wah, seolah-olah Idul Adha ga punya “tag” sendiri, jadi mesti minjem tag-nya Idul Fitri, walopun jadinya jayuz abis.

Tadi pagi aku shalat ied di Lapangan CC ITB. Khatib-nya adalah Pak Carmadi Machbub, Wakil Rektor Senior Bidang  Sumberdaya. Walaupun kontennya cukup berbobot, namun jujur aja, penyampaiannya rada garing (maaf ya pak, klo baca ini). Sebabnya, sebelum shalat, para jamaah dibagikan sebuah buku kecil berisi materi khotbah yang nantinya dikumandangkan. Hmm, ternyata apa yang diutarakan oleh khatib sama persis dengan isi buku, hingga ke titik komanya. Pikirku sih, mending baca di rumah aja bukunya.

Acara khas hari Idul Adha pun tidak jauh berbeda dari tahun ke tahun : memotong hewan qurban. Sewaktu kecil dulu, aku sering diajak oleh Ayah ikut menyaksikan prosesi pemotongan (apa penyembelihan ya) hewan qurban, walaupun sebenrnya aku rada ilfil melihat darah mengalir. Sekarang pun ke-ilfil-an itu belum berubah, sehingga aku memutuskan untuk pulang saja setelah selesai shalat ied.

Makna Idul Adha Buatku

“Pengorbanan ada, karena cinta. Betapa Ibrahim mencintai anak semata wayang yang telah dinantinya puluhan tahun. Namun dengan ikhlas Ia korbankan anaknya, demi cintanya kepada Yang Maha Pencinta. Bagaimana dengan kita? Sudahkah kita mencintaiNya, melebihi cinta kita pada harta, pada keluarga, bahkan pada diri kita sendiri? Apa yang dapat kita korbankan untukNya? Bukankah kita terlalu pelit mengeluarkan beberapa ratus ribu untuk seekor hewan qurban, walau janji akan berkah dan ampunanNya bertaburan dimana-mana? Bukankah kaki ini terlalu berat untuk berdiri dengan khusyuk menghadapNya, walau hanya beberapa menit tiap harinya? Dia, Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, kepada seluruh hamba-hamba-Nya. Akankah kau biarkan cintaNya padamu bertepuk sebelah tangan..?”

Inilah hasil dari renunganku tentang makna Idul Adha kali ini🙂

3 Responses to Idul Adha

  1. restya says:

    Kak,,, jgn kemakan pernyataan sendiri… hihihi

  2. aisar says:

    Iya dik.. btw belom berhasil juga nih 1 juz-nya hehe..

  3. Galih.. says:

    Duhh..kakak ni ju2r amad…
    Met eidul adha…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: