Lost Data Recovery dengan Magic Rescue

Aku nemu program lucu (dengan aksen Ega) yang bener-bener useful, terutama saat kita ga sengaja kehilangan data penting. Mungkin sebagian besar pembaca udah tau, ketika kita men-delete suatu file, sebenernya file tersebut ga bener-bener dihilangin dari harddisk kita. File itu cuma “ditandai” agar ruang yang dipakainya bebas dipakai atau di-overwrite file lain. Begitu juga saat kita memformatnya dengan “quick format”, isi file-file yang ada di dalamnya ga sekonyong-konyong hilang, sehingga masih ada harapan untuk mengembalikannya jika ternyata dibutuhkan. Tentunya, dengan menggunakan software khusus, salah satunya adalah Magic Rescue yang udah aku tes jalan di Ubuntu-ku.

Ga semua file yang ke-delete bisa dikembalikan. Salah satu penyebabnya, ruang yang digunakan file tersebut sudah di-overwrite file baru. Oleh karena itu, jika kita mengalami kehilangan data, entah itu di harddisk, ato flashdisk, jangan menyimpan file apa pun ke dalamnya untuk sementara waktu, agar tingkat harapan recovery-nya tinggi.

Magic Rescue bekerja dengan cara melakukan scanning data secara raw pada media penyimpanan, dan mencocokkan pola-nya dengan “recipe” yang tersedia. Ide dasarnya adalah, isi file gambar, musik, video, dokumen, dsb. memiliki pola-pola atau “fingerprint” tertentu, sehingga apabila pada suatu blok alamat penyimpanan ditemukan “fingerprint” tersebut, maka Magic Rescue akan melakukan post-processing, lalu mengekstraksi data raw tersebut menjadi sebuah file utuh. “Recipe” yang dimaksud tadi adalah database tipe-tipe file yang dapat dikenali “fingerprint”-nya oleh Magic Rescue, alias tipe-tipe file yang mungkin dikembalikan. Saat instalasi default dari repository Ubuntu, Magic Rescue memiliki 13 recipe, di antaranya avi, jpeg, mp3, dan msoffice. Seluruh recipe dapat dilihat pada folder “recipes” di bawah folder instalasi Magic Rescue (pada Ubuntu di /usr/share/magicrescue/recipes).

Cara pemakaian Magic Rescue sangatlah mudah. Magic Rescue dapat dipanggil dengan perintah “magicrescue” kemudian device yang akan di scan, plus beberapa parameter opsionalnya, antara lain :
• -d direktori -> diisi dengan direktori tempat menyimpan file-file hasil temuan
• -r recipe -> diisi dengan recipe dari file yang ingin dicari
Contoh pemanggilan program ini adalah :

magicrescue -d ~/recover -r msoffice -r avi /dev/sda1
dalam hal ini, ~/recover adalah folder output file-file yang berhasil ditemukan, msoffice dan avi adalah recipe yang dipakai, sedangkan /dev/sda1 menunjuk pada flashdisk yang ingin aku kembaliin datanya. Proses scanning memang memakan waktu yang cukup lama, tapi kita dapat menginterupnya dengan menekan Ctrl + C, kemudian Magic Rescue akan memberitahu offset terakhir yang di-scan. Nantinya, kita dapat melakukan scanning dimulai dari alamat offset terakhir sehingga tidak perlu mengulang dari awal.

Aku terakhir kali pake program ini untuk ngembaliin foto-foto dari harddisk temenku yang keformat. Menurut pengakuannya, dari sekitar 3 GB yang hilang, bisa kembali hampir 2GB, lumayan banget kan. Selamat Mencoba lah!

4 Responses to Lost Data Recovery dengan Magic Rescue

  1. scooterboyz says:

    cuma mau tanya aja,aksen ega tuh gimana??😀

  2. aisar says:

    hoho ada deh.. mo tau aja (alah)..
    Kopi lah.. eh salah Kode.. (Ko denger lah ndiri :D)

  3. Allen says:

    klo partisi yg ke delete terus ke format terus gabung sama partisi (C)yg ada windowsnya gmn? kira2 bisa kembali ga ya datanya?…isi datanya sih kebanyakan file photo & video…mohon bantuannya..trims

  4. nana says:

    apakah magic rescue bisa melakukan recovery untuk data yang tersimpan di temporary folder (folder yang belum terekstrak)? Terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: