AMS, Jarkom Bebas Pulsa

Pernah mendengar istilah “Tukang Jarkom”? Ya, profesi ini sudah menjamur baik di himpunan-himpunan, unit-unit kegiatan mahasiswa, bahkan dapat pula ditemukan pada beberapa prodi yang rajin mengirim SMS kepada dosen-dosennya untuk menyampaikan suatu informasi. Metode para Tukang Jarkom juga bervariasi, misalnya dengan mengirim SMS disertai urutan nomor tujuan berikutnya pada bagian akhir pesan. Metode lain yang mulai marak akhir-akhir ini adalah menggunakan jasa pengiriman SMS gratis yang bisa diakses lewat internet. Dua portal milik Indosat, yakni M3-Access(www.m3-access.com) dan Matrix-Centro(www.matrix-centro.com), tercatat menjadi penyedia layanan SMS gratis yang paling populer di kalangan Tukang Jarkom.

Tidak ada makan siang gratis, begitu kata pepatah. Walaupun M3-Access dan Matrix-Centro mempersilakan anda mengirim SMS sebanyak-banyaknya secara cuma-cuma, beberapa ketentuan juga mereka berlakukan. Pertama, panjang SMS anda tidak dapat melebihi 124 karakter. Kedua, pesan yang tekirim juga akan dibubuhi iklan-iklan sponsor pada bagian akhirnya. Ketiga, fungsi pengiriman SMS pada website keduanya telah diatur untuk hanya membolehkan 10 nomor penerima pada setiap kali pengiriman. Artinya, jika ada 100 nomor penerima yang ingin dijarkom, butuh 10 kali menginputkan data. Apabila rata-rata waktu untuk sekali penginputan dan pengiriman adalah 2 menit, maka butuh 20 menit untuk menjarkom 100 orang. Padahal unit sekaliber KM memiliki ribuan massa yang ingin dijarkom seperti pada event pemilu beberapa waktu yang lalu. Tentu, Tukang Jarkom tidak punya waktu berjam-jam untuk melakukan itu semua.

Kabar baiknya, para Tukang Jarkom kini dapat memanfaatkan software bernama “Aisar Millions SMS (AMS)”, yang saat ini sudah memasuki versi 2.1, untuk menyebarkan ribuan bahkan jutaan SMS hanya dalam beberapa menit. Software ini dikembangkan oleh Aisar EL’05, salah satu kru ARC yang doyan ngoprek berbagai macam teknologi software. Software berukuran 72 kB ini dapat diunduh dari alamat http://students.itb.ac.id/~aisar menu “download”. AMS tidak membutuhkan instalasi, namun sebelum menjalankannya, pastikan komputer anda telah terinstall Microsoft .NET Framework 2.0 (dapat diperoleh dari alamat yang sama).

Cara menggunakan AMS sangatlah mudah. Berikut ini langkah-langkah panduannya :

  1. Pastikan anda telah memiliki account di M3-Access atau Matrix-Centro.
  2. Jalankan program AMS, perhatikan pesan yang muncul dan jawablah sesuai motivasi anda.
  3. Pada opsi “operator” di pojok kiri atas, pilih jenis account yang ingin anda pakai. Klik “Masuk ke web”.
  4. Apabila halaman depan web telah tampil, login-lah seperti biasa dengan memasukkan username dan password yang anda miliki.
  5. Apabila proses login telah berhasil, pilih menu “send SMS” atau “kirim SMS” di halaman web
  6. Setelah tampilan pengiriman SMS muncul, copy “nomor pengirim” pada halaman web dan paste di kolom “Nomor asal” pada program AMS (di sebelah kiri atas)
  7. Anda dapat mengetik isi pesan pada kolom “Pesan” di program AMS. Walaupun tertera maksimum 124 karakter, namun berdasarkan pengalaman, disarankan untuk tidak melebihi 120 karakter.
  8. Saatnya anda mengisi nomor tujuan, ada dua cara untuk melakukannya :
    1. Ketikkan satu per satu nomor pada kolom “Nomor Tujuan” lalu klik “masuk”. Daftar nomor akan tampil pada list paling kanan program AMS.
    2. Simpan seluruh nomor tujuan pada sebuah file teks dengan dipisah menggunakan spasi, koma, atau enter. Panggil file tersebut lewat menu “Pilih file”, sesuaikan pemisah nomor yang anda gunakan pada kolom “Pilih pembatas”, lalu klik “masuk ke list”.

catatan : nomor tujuan dapat diawali dengan 628xx, atau 08xx.

  1. Klik “eksekusi” untuk mulai mengirim SMS. Anda dapat menjalankan aplikasi lain sementara AMS sedang bekerja mengirimkan SMS. Untuk memotong proses pengiriman, klik “stop”.
  2. Awasi tampilan web untuk mengetahui kesalahan yag mungkin muncul.

Sangat mudah bukan. Selai itu, AMS bersifat open-source, sehingga Anda dapat memakai dan mendistribusikan AMS secara bebas, bahkan melihat source code-nya. Apabila anda menemukan kendala atau memiliki pertanyaan seputar software ini, silakan menghubungi Aisar lewat blog ini. Selamat Mencoba!

6 Responses to AMS, Jarkom Bebas Pulsa

  1. Sar, yg M3-access dah ga unlimited lagi euy. piye? kayaknya kerjaannya si Ilham tuh yg habis magang di sana…..

  2. aisar says:

    memang semua yang gratisan ga ada yang abadi..

    tapi, masih banyak jalan menuju Roma..

    tunggu saja, sms gratis berikutnya..πŸ˜€

  3. scooterboyz says:

    Wakakakaka…

    Liat aja,mulai ospek taun depan,mereka bakal make cara tradisional lagi..πŸ˜€

  4. hendra says:

    salam kenal,

    program bagus… sy juga tukang jarkom. klo saya pake script php biasa.

    dulu m3-access unlimited tp sekarang spt-nya udah ga bisa lg. saya tunggu versi terbarunya. ok?! selamat berkarya. viva gratisan

    boogie_woogieus@yahoo.com

  5. wahyu says:

    yah dah ga gratis lg.kcewa deh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: